Perkembangan IT Di Masa Depan

Dunia IT atau lazim biasa disingkat orang dari kepanjangan Informasi Teknologi bersifat dinamis. Selalu dinamis dimana terjadi perkembangan yang semakin pesat di berbagai aspek. Saya akan memaparkan bagaimana perkembangan IT di masa depan sesuai dengan kerangka berpikir saya sebagai mahasiswa yang kuliah di jurusan IT.

Menurut saya, semakin berkembangnya jaman maka akan semakin bertambahnya kebutuhan akan akses informasi. Disini IT berperan sebagai penyedia layanan informasi. Simpelnya saja, dahulu kala orang ingin saling berkomunikasi dan bertukar informasi harus melalui surat. Paling canggih melalui pager / pe atau telepon. Sekarang, untuk mengetahui kabar kawan di ujung dunia kita bisa live chatt dan menggunakan voIP. Itu adalah salah satu perkembangan dari segi komunikasi yang didukung oleh IT.

Dari segi lain, misalkan surat kabar yang nantinya menurut saya akan digantikan oleh kehadiran E-Paper sebagai koran masa depan. Hal ini untuk mendukung terciptanya penghematan sumber daya alam (kertas koran) yang selalu digunakan dan mereduksi global warming. Langkah tersebut menurut saya sangat efisien untuk mengurangi terpakainya bahan baku kayu dan penggunungan sampah yang terjadi di kota - kota besar. E-Paper sangat efisien, mobile dan hemat energi dengan lifetime yang panjang.

Lalu akan seperti apakah nanti di masa depan? Mungkin kita tidak akan lagi mengenal yang namanya keyboard. Jika anda ingin menulis blog, anda hanya akan bercuap - cuap di depan komputer dan kata - kata anda yang tadi anda keluarkan akan di proses menjadi tulisan. Lalu bagaimana dengan akses internet? mungkin dengan hadirnya Wi Max akan menghilangkan Wi Fi di cafe - cafe dan Warung Internet akan banyak yang gulung tikar. Tetapi pemerintah kita ini pintar, teknologi baru seperti itu tidak akan di aplikasikan di Indonesia karena kebutuhan rakyat dan yang melek internet di Indonesia masih dibawah negara lain. Lihat saja negara maju yang sudah memiliki akses internet lebih cepat dari negara kita. Kenapa pemerintah seperti itu? Disamping kebutuhan rakyat yang masih belum banyak yang butuh internet, pemerintah masih menunggu dana "break event point" dari pembuatan infrastruktur jaringan internet di Indonesia. Apakah anda kira membuar BTS itu murah? Membuat VSAT itu gampang? membuat akses kabel fiber optic itu sederhana? Tidak, pemerintah kita yang agak susah dipercaya ini masih menunggu balik modal atau yang tadi saya sebutkan "break event point" dari pembangunan infrastruktur di negara kita ini. Ya, semuanya tentang uang.

Kembali lagi ke topik, masih ingatkah anda dahulu kala kita berinternet ria menggunakan telkom net instan yang aksesnya di bawah 100 Mbps? Yang hanya membuka laman Friendster saja harus menunggu setengah jam! Bandingkan sekarang bila anda berinternet di rumah menggunakan provider ya katakan saja Fastnet, membuka Facebook pun tidak sampai 5 menit. Mengunduh Youtube tidak sampai satu jam.

Lalu bagaimana dengan aspek lain? Sekarang semuanya serba mudah. Anda ingin membeli barang tinggal mampir ke forum jual beli dan barang akan sampai di tangan anda tanpa anda keluar dari rumah. Anda ingin membayar cicilan rumah dan mobil? tinggal gunakan E-Banking. Apalagi yang kurang sekarang ini? Teknologi memang memanjakan manusia dan semoga saja tidak membuat kita lupa akan tujuan utama kita hadir di muka bumi ini. Menjadi khalifah di muka bumi. Karena pada ujungnya nanti, apabila anda adalah orang yang beragama pasti menyadari bahwa semua ini (perkembangan teknologi) tidak dibawa mati. Untuk hal ini saya sangat takjub dengan adanya film Wall-E yang memaparkan bagaimana kehidupan manusia super modern yang sangat dimanjakan oleh teknologi. Semua manusia menjadi (maaf) "autis". Tidak mengenal satu sama lain akibat kemajuan teknologi. Itu adalah contoh bagaimana teknologi masa depan telah membuat manusai lalai. Dan pada akhirnya mereka semua sadar kembali apa tujuan mereka hidup. Perkembangan teknologi dan IT sebagai pendukungnya memang sangat indah dan membuat semua orang menjadi mudah. Tetapi ada baiknya apabila kita sebagai manusia tidak lupa sebagai apa kita diciptakan. Inilah perkembangan yang tanpa kita sadari terus menerus berkembang seiring dengan berjalannya waktu.

Dan pada akhirnya, IT memang sangat berperan penting sebagai penopang perkembangan teknologi di dunia. Semuanya sekarang serba komputerisasi dan digitalisasi. Untuk masa depan, semoga saja IT dapat membuat kehidupan kita lebih baik dari hari kemarin. Mungkin pada masa mendatang setiap anak akan mempunyai dunia virtualnya sendiri seperti sekarang remaja mempunyai blackberry. Mungkin pada masa mendatang, manusia akan dengan mudah berpindah tempat menggunakan suatu portal teleportasi dan tidak lagi memerlukan pesawat udara. Mungkin pada masa mendatang berkat kehadiran IT pada teknologi kesehatan, penyakit kanker dapat disembuhkan dengan mudah seperti anda mengobati sakit kepala pada saati ini. Mungkin pada masa mendatang, pada akhir lebaran cucu - cucu kita ada yang pulang kampung ke Mars, ke Jupiter atau ke Pluto menggunakan pesawat ruang angkasa. Boleh jadi anda menertawakan saya karena menulis hal tersebut. Tapi siapa sangka? Einstein pun dianggap orang idiot saat dia memaparkan ide - ide briliannya kehadapan publik pada masa lampau dan sekarang berkat kecerdasannya kita dapat menikmati hidup seperti ini. Bersyukurlah karena kita hidup di jaman serba modern, serba canggih dan semua itu tercipta berkat kehadiran dan perkembangan IT di dunia ini.



42099015
Tulisan untuk Tugas Komputer dan Masyarakat

0 Comments:

Poskan Komentar

Konten blog ini terbuka,ada baiknya memberi tahu saya apabila ada isi blog ini yg ingin anda kopi. Diberdayakan oleh Blogger.